MA. MIFTAHUL ULUM 2 mengukir prestasi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

KSM-K (Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota) adalah kompetisi di bidang sains untuk pelajar jenjang SD/MI, MTs/SMP, dan SMA/MA tingkat kabupaten/kota. KSM-K ini diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Dirjenpendis. Seleksi KSM-K dilaksanakan pada 13-14 Agustus 2022 di MAN Lumajang secara online dan diikuti oleh seluruh Madrasah Aliyah se-Kab Lumajang. Sedangkan pengumuman kejuaraan pada Kamis (18 Agustus 2022). Bagi siswa peraih juara 1 s.d.3 berhak mewakili kabupaten ke tingkat Provinsi pada 10-11 September 2022 mendatang.
MA Miftahul Ulum 2 pun telah mengirimkan 12 siswanya, dua siswa tiap bidang studi matematika, biologi, ekonomi, fisika, kimia, dan geografi. alhamdullillah, terdapat dua siswa MA MIFTAHUL ULUM 2 dinyatakan berhasil meraih 2 kejuaran pada Bidang Studi Fisika dan Biologi. Pada Bidang Studi Fisika meraih juara 3 atas nama Mochammad Asroful Anam, dan pada Bidang Studi Biologi meraih juara 3 atas nama Muhammad Irfan Maulana.
“Prestasi ini diraih berkat perjuangan gigih dari para siswa yang aktif dan disiplin mengikuti bimbingan,” tandas Kepala MA Miftahul Ulum 2, Moehammad Thayyib, M.Pd.I.
Di madrasahnya, ungkap Kepala MA Miftahul Ulum 2, segala bentuk bakat dan potensi siswa difasilitasi untuk dikembangkan baik melalui latihan rutin maupun diikutsertakan setiap ada kompetisi.
“Madrasah selalu berusaha mencari dan membina siswa-siswi yang berbakat sehingga dapat berprestasi baik akademik maupun non akademik,” tambahnya.
Hal ini, menurutnya, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian yang sungguh-sungguh dari madrasah dalam rangka memperkuat mental siswa, menumbuhkembangkan semangat kompetisi, dan menambah poin untuk masuk perguruan tinggi.
Sementara Mochammad Asroful Anam dan Muhammad Irfan Maulana mengungkapkan bahwa keberhasilannya tidak lepas dari motivasi dan dukungan penuh dari madrasah. Persiapan yang dilakukan keduanya baik dalam kegiatan kokurikuler atau waktu lain setelah jam pelajaran selesai selalu didampingi guru-guru madrasah yang kompeten di bidangnya.
Peran serta madrasah dalam membina kompetensi bidang sains sesuai dengan salah satu tugas dan fungsinya dalam panca prestasi, yaitu prestasi bidang akademik. Prestasi yang diraih ini adalah sebagai salah satu bentuk ajang aktualisasi dan eksistensi madrasah dalam kompetisi dengan instansi sesama madrasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.