Kegiatan Ekstrakurikuler atau Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan diri dibawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
Kegiatan Ekstrakurikuler dapat dikembangkan serta diselenggarakan oleh MA Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul.
Tujuan
- Untuk mengembangkan kemampuan dan keaktifan peserta didik sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka.
- Berfungsi untuk mengembangkan kemampuan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
- Bertujuan untuk mengembangkan suasana rileks, menggembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik.
- Membantu meningkatkan dan mempersiapkan karir peserta didik.
No | Ekstrakurikuler | Hari | Tujuan |
1 | Desain Grafis | Selasa dan Kamis | a). Untuk membentuk objek siswa menerima semua materi yang telah diajarkan, tidak hanya dalam teori tapi sudah melihat bentuk dan simulasi. Termasuk penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, komposisi tubuh manusia, dan sebagainya. b). Mempercepat proses kerja dengan menghadirkan sebuah karya dalam bentuk grafik. c). Memperkenalkan dunia desain grafis untuk masyarakat umum (pada umumnya) sehingga dapat diimplementasikan dilingkungannya. d). Memperkenalkan kepada masyarakat umum tentang program – program aplikasi desain grafis. |
2 | Jurnalistik | Kamis | a) Pengertian dan sejarah singkat jurnalistik. b) Kode etik jurnalistik, Jurnalistik dan sastra. c) Peliputan bermetode ilmiah. d) Peliputan selidik beretika. e) Peliputan selidik bersastra. f) Cara menulis berita, teknik menulis artikel, teknik pengumpulan berita. g) Cara penggunaan perangkat elektronik pendukung tugas jurnalistik (kamera digital, alat perekam suara, laptop/ komputer). g) Cara penggunaan software pendukung tugas jurnalistik. |
3 | Al-Banjari | Senin dan Kamis | a) Mengembangkan bakat dan potensi siswa dalam teknik vokal; b) Teknik pukulan dasar dan pukulan kombinasi; c) Melatih kekompakan dan kesolidan dalam satu tim; d) Mengikuti lomba di ajang perlombaan bergengsi |
4 | Tahfidz/ Tilawah | Senin | a) Mengembangkan bakat serta potensi siswa dalam teknik vocal dan seni dalam membaca Al-Qur’an. b) Mempelajari Teknik Pernafasan, Makhraj dan Tajwid; c) Membina siswa agar memiliki hafalan minimal 1/5 juz. d) Menyiapkan Calon peserta untuk Mengikuti Porseni dan MTQ |
5 | Kaligrafi | Jum’at | a). Membina siswa agar mengenal macam-macam tulisan arab; b) Membina siswa agar bisa menulis Tulisan Arab dengan baik dan benar; c) Membina siswa agar bisa menulis dengan indah dan memiliki nilai seni yang tinggi; d) Menyiapkan Calon peserta untuk Mengikuti Porseni dan MTQ |
6 | Kajian Kitab Kuning | Rabu | Memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu Nahwu dan Shorof, yang secara bertahap dipraktekkan dengan membaca kitab-kitab ulama salaf |
7 | Pramuka | Sabtu | a). Mengembangkan jiwa kepemimpinan pada peserta didik. b). Sebagai wadah berlatih organisasi. c). Melatih peserta didik agar terampil dan mandiri. d).Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain. e). Melatih peserta didik untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. f). Mengenalkan beberapa usaha pelestarian alam, sikap ramah terhadap lingkungan, kebiasaan diri hidup bersih dan sehat. |