MA. Miftahul Ulum 2 melaksanakan Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) Tahun Pelajaran 2022-2023. Pelaksanaan PAS ini dijadwalkan mulai hari Sabtu, 19 November – Senin, 28 November 2022. Penilaian Akhir Semester (PAS) ini merupakan syarat mutlak yang harus diikuti oleh seluruh siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum 2 dalam memenuhi kegiatan belajar selama satu semester.
Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). PAS semester ganjil ini diikuti oleh 778 peserta didik dari kelas X, XI, dan XII yang berasal dari program IPS dan Keagamaan.
Pada hari pertama pelaksanaan, PAS berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama dan kekompakan pihak panitia dalam menyiapkan pelaksanaan PAS Ganjil tahun ini. Syukron Ma`mun, M.Pd selaku ketua panitia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah terlibat aktif dan bekerja keras demi terlaksananya kegiatan PAS semester ganjil ini. Panitia telah mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan akan menjadi kendala dalam pelaksaan kegiatan ini, baik dalam hal kelengkapan berkas soal, keamanan, dan kesiapan ruang ujian.
Sejatinya, momentum Penilaian Akhir Semester ganjil ini bukan hanya mengevaluasi peserta didik dari segi akademik, tapi juga mengevaluasi perilaku dan kedisiplinan siswa. Kepala Madrasah Aliyah Miftahul Ulum 2, Bapak Moehamad Thayib, M.Pd.I, memberikan anjuran kepada para pengawas dan panitia agar pelaksanaan PAS ini benar-benar menjadi momentum untuk mengevaluasi siswa dalam berbagai aspek “Kami himbau kepada pengawas agar peserta didik benar-benar diawasi dalam mengerjakan soal ujian agar pelaksanaan kegiatan ini bisa mencapai maksud dan tujuan yang telah kami harapkan.” Tutur Kepala MA Miftahul Ulum 2 bapak Moehamad Thayib, M.Pd.I dalam briefing yang dilaksanakan 30 menit sebelum ujian dimulai pada hari pertama PAS
Selain itu, hasil dari pelaksanaan PAS ganjil ini tidak hanya berupa nilai-nilai atau angka-angka yang akan mereka lihat di dalam buku rapor, namun harapannya bisa lebih kepada pembentukan karakter peserta didik. Karakter-karakter unggul ini akan menjadi bekal utama peserta didik dalam menghadapi tantangan hidup di era milenial sekarang ini. Sekolah berharap agar kualitas kompetensi yang mumpuni dan karakter unggul bisa menjadi bekal bagi peserta didik dalam meraih cita-cita dan kesuksesan di masa mendatang.